PSBB Jawa-Bali Berlaku 11-25 Januari

Kamis, 7 Januari 2021 11:57

Tim gabungan dari TNI, Polri, Dishub dan Satpol PP melakukan razia masker bagi warga yang melintas memasuki area Jakarta di wilayah perbatasan DKI Jakarta dengan Tangerang Selatan di Lebak Bulus, Jakarta, Senin (14/9/2020). Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memperketat kembali Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dikarenakan angka positif Covid-19 terus meningkat di wilayah DKI Jakarta. (Dery Ridwansah/ JawaPos.com)

”Sebelum tanggal 11 (Januari 2021), saya bakal sosialisasikan pembatasan restoran dan lain-lain. Masih ada lima hari. Nanti disampaikan ke media,” ujarnya.

Jawa Timur juga termasuk provinsi yang disebut pada penerapan PSBB Jawa–Bali. PSBB akan diberlakukan di wilayah Malang Raya dan Surabaya Raya.

Banyak item atau aturan yang berlaku pada PSBB tersebut. ”Kami menunggu surat edaran dari pemerintah pusat,” kata Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa.

Saat ini mantan menteri sosial itu masih menjalani isolasi mandiri. Agenda yang bersifat teknis dikoordinasikan Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak.

Kemarin Emil mengungkapkan hal yang sama. Pemprov Jatim bakal menunggu surat edaran dari pusat sambil terus berkoordinasi dengan Forkopimda Jatim.

Nah, untuk wilayah Bali, berdasar kriteria yang ada, dua kabupaten/kota menerapkan PSBB. Yaitu, Denpasar dan Badung. Perkembangan terkini, jumlah pasien yang meninggal akibat Covid-19 di Provinsi Bali mencapai 2,94 persen atau 547 orang. Untuk Denpasar, 5.001 orang terkonfirmasi positif. Lalu, di Badung ada 3.349 pasien Covid-19.

Jubir Satgas Covid-19 Kota Denpasar Dewa Gede Rai menyatakan, penetapan PSBB baru diketahui dari media massa. Surat resmi dari pusat belum turun. Kendati demikian, dia menuturkan bahwa apa yang diperintahkan pemerintah pusat sudah dijalankan.

Misalnya, penutupan ruang publik, belajar online, dan perkantoran yang kapasitasnya dibatasi hanya 25 persen. Jika surat edaran dari pemerintah pusat sudah turun, pihaknya bakal menindaklanjutinya secara resmi. ”Akan dirapatkan dengan instansi terkait,” jelasnya kepada Jawa Pos Radar Bali kemarin. (jpc)

Komentar