Ratusan Nakes di Sulsel terpapar Covid-19

Kamis, 7 Januari 2021 15:24

Jubir Satgas Covid-19 Sulsel, Husni Thamrin yang juga menjabat sebagai Kabid Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Sulsel.

FAJAR.CO.ID,MAKASSAR– Juru bicara Satgas Covid-19 Sulsel, Husni Thamrin membeberkan hingga saat ini, tercatat sebanyak 600 tenaga kesehatan (nakes) di Sulsel yang terpapar virus Covid-19.

Meski tidak memberikan rincian pasti, ia menyebut hal itu disebabkan tingginya kerentanan dan sudah menjadi konsekuensi dalam berprofesi sebagai tenaga medis.

“Saya tidak hapal semua datanya tapi yang pasti ada. Kurang lebih 600 tenaga kesehatan,” kata Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Sulsel, Kamis (7/1/2021).

Selain masuk sebagai kelompok kategori rentan, ia menilai dari sisi imun tubuh nakes, juga semakin menurun. Mengingat angka kasus Covid-19 semakin meningkat. Artinya pasien yang harus mendapatkan perawatan juga ikut naik.

“Karena bisa saja tingkat kerjanya tinggi tapi imunnya rendah, jadi bisa kena,” sambungnya.

Sementara berdasarkan data Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kota Makassar tercatat sebanyak 10 dokter meninggal dunia karena virus Corona di masa pandemi Covid-19.

Terbaru, di awal 2021 lalu Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kota Makassar, Sulawesi Selatan mengumumkan bahwa seorang dokter kembali gugur di masa pandemi, yakni Prof dr Nuraeny Malawat dinyatakan tutup usia di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Wahidin Sudirohusodo karena terpapar virus Corona.

Sementara di penghujung tahun 2020 lalu sekitar 3 dokter juga meninggal dunia dengan kasus yang sama yakni dr. Leonardo Hasudungan, dr Robert Vincentius Philips dan dr Nasriyadi Nasir.

Komentar