Tengku Zul ke Gus Yaqut: Jangan Terlalu Semangat Pak Menteri Agama

Kamis, 7 Januari 2021 17:03

Ustadz Tengku Zulkarnain menyanyikan lagu barat sambil main gitar. Foto capture Youtube Fadli Zon.

FAJAR.CO.ID, JAKARTA– Ustaz Tengku Zulkarnain angkat bicara terkait pernyataan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas yang menyatakan Kementerian Agama RI merupakan kementerian seluruh agama di Indonesia.

“Jangan terlalu semangat pak Menteri Agama. Anda bilang Kementerian Agama milik semua Agama? Kenyataannya?,” kata Tengku Zul dikutip dari akun Twitter miliknya, Kamis (7/1/2021).

Mantan wasekjend MUI itu lantas menjabarkan, selama ini Kemenag hanya mengurusi sekolah Islam dari jenjang Ibtidaiyah sampai Perguruan Tinggi.

“Sekolah yang diurus hanya Sekolah Islam dari Ibtidaiyah sampai Perguruan Tinggi. Nikah, Talak, Rujuk, warisan hanya untuk Islam. Ibadah ke tanah suci juga tidak ada Agama lain. Sadar?,” sebut Tengku Zul.

Pria kelahiran Medan itu melanjutkan sejak dahulu Kemenag lebih banyak mengurusi hal terkait agama Islam.

“Kementerian Agama juga hanya mengurus ziarah umroh dan haji bagi umat Islam. Giliran umat lain mau ke Betlehem, India, China dll tidak diurus Kementerian Agama. Jadi tidak usah merasa gerah jika Kementerian Agama lebih banyak mengurusi hal tentang umat Islam, dari dulu begitu,” jelasnya.

Deklarator KAMI itu lantas membandingkan dengan urusan agama lain yang justru ditangani di Dinas Catatan Sipil dan Pengadilan Negeri.

“Sejak zaman Belanda umat Islam dlm hal nikah, talak, rujuk, diurus Jawatan Agama Islam. Agama lain diurus di Dinas Catatan Sipil dan Pengadilan Negeri,” ungkapnya.

Komentar