Calon Kapolri, Kompolnas Segera Setor Nama ke Presiden

Jumat, 8 Januari 2021 10:41

Kapolri Jenderal Pol Idham Azis memohon maaf kepada seluruh masyarakat apabila sampai saat ini ekspektasi masyarakat terhadap Polri belum maksimal (Dery Ridwansah/JawaPos.com)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Pergantian kapolri sudah semakin dekat setelah Jenderal Idham Azis mengirim surat kepada Presiden Joko Widodo atau Jokowi soal masa pensiunnya pada 1 Februari 2021.

Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) pun segera menyetor nama calon kapolri ke Presiden Jokowi. Hal ini disampaikan oleh Komisioner Kompolnas Poengky Indarti.

Poengky juga menyebut nama-nama yang disetor adalah calon yang sudah dianggap layak untuk menjadi TB1. “Tentu ada sejumlah nama, lebih dari satu (yang dikirim ke Jokowi),” kata Poengky, Jumat (8/1).

Dari catatan JPNN, ada sejumlah jenderal bintang tiga yang punya peluang untuk bisa menjadi Kapolri menggantikan Jenderal Idham Azis.

Para calon Kapolri ini juga tersebar mulai dari Akpol 87 yang paling senior dan lulusan Akpol 91 yang junior. Mereka adalah Komjen Arief Sulistyanto yang kini menjabat Kalemdiklat.

Dia adalah Komjen paling senior saat ini yang masih aktif. Mantan Kabareskrim itu lulusan Akpol angkatan 87, masa pensiun sekitar 2 tahun 3 bulan.

Lalu ada Komjen Rycko Amelza Dahniel yang kini menjabat Kabaintelkam. Mantan ajudan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono itu merupakan peraih Adhi Makayasa Akpol 88B, masa tugas masih 3 tahun 7 bulan.

Selanjutnya ada Kabaharkam Komjen Agus Andrianto. Dia adalah lulusan Akpol 1989, dan masuk pensiun 4 tahun 1 bulan lagi. Kemudian ada Komjen Boy Rafly yang kini menjabat sebagai Kepala BNPT.

Komentar