Cerita Warga Sinjai Barat, Rela Pindahkan Rumah dan Hibahkan Tanah Demi Pembangunan Jembatan

Jumat, 8 Januari 2021 23:54

FAJAR.CO.ID, SINJAI — Ada hal menarik dalam pembangunan jembatan baru permanen di Desa Gunung Perak Kecamatan Sinjai Barat. Seorang warga rela memindahkan rumah dan menghibahkan tanahnya demi kelancaran pembangunan jembatan Batu Leppa.

Warga tersebut bernama Hafizah. Dia tinggal di sebarang jembatan, tepatnya di Kelurahan Balakia Kecamatan Sinjai Barat. Jembatan Batu Leppa ini memang menghubungkan Desa Gunung Perak dengan Kelurahan Balakia.

Hafizah mengaku telah lama mengharapkan pembangunan jembatan baru permanen tersebut. Selama puluhan tahun, warga setempat hanya mengandalkan jembatan gantung untuk melaksanakan aktivitasnya.

Hanya kendaraan roda dua yang bisa melintas. Namun, umumnya masyarakat berjalan kaki. “Rumah saya di seberang, kalau ke pasar saya berjalan kaki membawa hasil pertanian ke Gunung Perak karena pasarnya ada di sini,” ungkap Hafizah.

Saat mengetahui jembatan di dekat rumahnya mau dibangun Bupati ASA, dia rela memindahkan rumahnya. Sekitar belasan meter ke lokasi yang baru. Sebab rumahnya masuk lahan pembangunan jembatan.

Termasuk lahan kosongnya dia sumbangkan demi menghadirkan jembatan baru. “Kalau jembatan sudah bagus, mobil sudah bisa lewat, kami juga bersemangat lagi bertani dan berkebun karena hasilnya tidak akan terlantar, ada mobil yang masuk membeli,” akunya.

Jembatan ini diresmikan langsung oleh Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA). Dengan menggelontorkan dana pinjaman daerah sebesar Rp9 miliar untuk merampungkan pengerjaan jembatan. (sir)

Komentar