Gubernur Sulsel Bangun Ruas Jalan di Sinjai Barat, Petani Siap Kembangkan Talas Satoimo

  • Bagikan

Ia menuturkan, lahan seluas 50 hektare dimanfaatkan petani untuk menanam kopi, dengan potensi 800 kilogram per hektare. Tahun ini, para petani juga siap mengembangkan budidaya talas Jepang satoimo.

“Mudah-mudahan 2021 ini kami bisa bantu pemerintah kembangkan talas Jepang, petani berminat untuk menanam talas Jepang,” ungkapnya.

Menanggapi antusias petani, Gubernur Nurdin menyampaikan, tahun ini Pemprov Sulsel melalui Dinas Pertanian akan memberikan bantuan bibit talas kepada petani.

“Kadis Pertanian Sulsel akan suplai bibit dan pupuk. Setelah mandiri baru kita lepas. Kebutuhan akan talas itu sebulan mencapai tiga ribu ton, di mana 80 persen disuplai oleh Cina. Kita berharap bisa menggantikan Cina,” kata Nurdin, disambut tepuk tangan meriah masyarakat.

Selain membantu perekonomian masyarakat, gubernur mengatakan, bahan pangan umbi-umbian ini akan menyehatkan masyarakat.

“Di samping nilai ekonomi, makanan ini sangat sehat untuk masyarakat. Sudah ada uji lab, ini kolagen tinggi dan antioksidan tinggi, dan Pemprov juga akan bantu untuk pengadaan sapi sehingga bisa mengembalikan produksi susu di Sinjai Barat,” kata satu dari tujuh gubernur terbaik di Asia ini. (*)

  • Bagikan