Irma Suryani Chaniago: Mengapa RS Swasta Perlu Diberi Ruang Melakukan Vaksinasi Mandiri?

Jumat, 8 Januari 2021 14:02

Ketua DPP Partai Nasdem Irma Suryani Chaniago

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Politikus Partai NasDem Irma Suryani Chaniago menyarankan agar pemerintah memberikan ruang bagi rumah sakit (RS) swasta menyediakan vaksinasi Covid-19 secara mandiri.

“Biarkan rumah sakit swasta ikut menyediakan vaksinasi mandiri untuk mempercepat pemutusan mata rantai penyebaran Covid-19,” kata Irma kepada jpnn.com, Jumat (8/1).

Diketahui, tahapan vaksinasi Covid-19 akan dimulai pemerintah pada Januari 2021 hingga Maret 2022.

Menurut Irma, rentang waktu tersebut masih terbilang lama bagi Indonesia untuk dapat keluar dari pendemi virus Corona.

“Karena alasan tersebut saya mengusulkan agar pihak swasta juga diberi ruang untuk dapat ikut serta menyediakan vaksinasi mandiri bagi yang memiliki dana, dan ingin cepat melakukan vaksinasi,” ucap mantan anggota Komisi IX DPR ini.

Dengan cara itu, kata Irma, pemerintah dapat lebih leluasa dan fokus memperhatikan dan memprioritaskan paramedis, lansia, para pendidik, pedagang pasar tradisional, tunawisma dan rakyat yang tidak mampu.

Irma mengatakan, konstitusi memang memerintahkan negara menyediakan vaksin gratis untuk seluruh rakyat, dan itu sudah dilakukan oleh pemerintah.

Di sisi lain, pemerintah juga jangan menutup pintu bagi RS swasta untuk ikut berpartisipasi mendukung kerja pemerintah melalui penyediaan vaksin dan melakukan vaksinasi mandiri.

“Pertanyaannya, mengapa RS swasta perlu diberi ruang untuk melakukan vaksinasi mandiri? Karena sesungguhnya banyak warga negara yang memiliki financial cukup baik tetapi ingin segera divaksinasi,” jelas politikus kelahiran Metro, Lampung pada 6 Oktober 1965 ini.

Komentar


VIDEO TERKINI