KRI dr. Wahidin Sudirohusodo-991 Resmi Perkuat TNI Angkatan Laut

Jumat, 8 Januari 2021 10:55

KSAL Laksamana TNI Yudo Margono didampingi Ketua Umum Jalasenastri Ny. Vero Yudo Margono (tengah) meresmikan KRI dr. Wah...

FAJAR.CO.ID, SURABAYA – Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) dr. Wahidin Sudirohusodo-991 secara resmi memperkuat Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista) TNI Angkatan Laut. Hal itu ditandai dengan Shipnaming dan Launching oleh Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono didampingi Ketua Umum Jalasenastri Ny Vero Yudo Margono selaku Ibu Kandung Kapal Bantu Rumah Sakit (BRS) di Dermaga Dok Semarang PT PAL Indonesia (Persero), Surabaya, Kamis (7/1/2021).

Prosesi Shipnaming dan Launching ditandai pemotongan tali pengikat kendi yang selanjutnya dipecah oleh Ny. Vero Yudo Margono disertai pembukaan tirai nama kapal.

Kemudian peryataan peluncuran oleh KSAL dengan penekanan tombol sirine. Prosesi selanjutnya penggenangan KRI dr. Wahidin Soedirohusodo di Graving Dock yang diiringi Lagu Mars TNI AL “Jalasveva Jayamahe”.

Setelah prosesi dilaksanakan Penandatanganan Berita Acara antara Kepala Dinas Pengadaan Angkatan Laut (Kadisadal) Laksma TNI Maman Rohman dan Plt. Direktur Utama PT. PAL Indonesia Etty Soewardani yang disaksikan KSAL. Laksamana Yudo dalam sambutannya mengatakan shipnaming dan launching merupakan bagian rangkaian kegiatan pembangunan sebuah KRI yang meliputi first steel cutting, keel laying, shipnaming, launching, delivery, receiving, commisioning dan terakhir pengukuhan KRI.

Selaras dengan penamaan KRI, launching merupakan sebuah proses pemindahan posisi kapal dari dok ke atas air untuk pertama kalinya.

Secara teknis launching ditujukan untuk mengetahui stabilitas kapal maupun kekedapan badan kapal terhadap kemungkinan adanya kebocoran. Sedangkan secara implisit merupakan tanda bahwa kapal tersebut telah siap untuk diberi tugas dan tanggung jawab melaksanakan tugas-tugas TNI Angkatan Laut guna menjaga kedaulatan NKRI.

Bagikan berita ini:
7
9
7
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar