Lima Nama Calon Kapolri Usulan Kompolnas, Satu akan Dikirim Presiden ke DPR

Jumat, 8 Januari 2021 20:43

Menko Polhukam dan Kapolri. (IST)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA– Ketua Komisi Kepolian Nasional (Kompolnas) yang juga Menko Polhukam Mahfud MD mengumumkan lima nama calon kapolri yang diserahkan ke Presiden Joko Widodo.

“Ini 5 nama Komjen Pol yang diajukan kepada Presiden oleh Kompolnas untuk dipilih sebagai calon Kapolri: 1) Gatot Edy Pramono; 2) Boy Rafly Amar; 3) Listyo Sigit Prabowo; 4) Arief Sulistyanto; 5) Agus Andrianto,” kata Mahfud MD di akun Twitternya, Jumat malam (8/1/2021).

Nama pertama, Komjen Gator Eddy Pramono saat ini menjabat sebagai Wakapolri. Lulusan Akpol 1988 itu sebelumnya menjabat Kapolda Metro Jaya.

Kemudian, kedua Komjen Pol Boy Rafli Amar adalah Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme. Juga lulusan Akpol 1988, sebelumnya menjabat sebagai Wakil Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Polri.

Ketiga, Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo saat ini menjabat sebagai Kepala Badan Reserse Kriminal Polri sejak tanggal 6 Desember 2019. Lulusan Akpol 1991, juga mantan t Kepala Kepolisian Daerah Banten, Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Keempat, Komjen Pol Arief Sulistyanto adalah Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Polri. Arief, lulusan Akpol 1987 ini berpengalaman dalam bidang reserse. Jabatan terakhir jenderal bintang tiga ini adalah Kepala Badan Reserse Kriminal Polri.

Terakhir, Komjen Pol Agus Andrianto yang kini menjabat Kepala Badan Pemelihara Keamanan Polri. Agus, lulusan Akpol 1989 ini berpengalaman dalam bidang reserse. Sebelumnya, dia menjabat sebagai Kepala Kepolisian Daerah Sumatra Utara.

Komentar


VIDEO TERKINI