Soal Vaksinasi Covid-19, Jokowi Ingatkan Ini

Sabtu, 9 Januari 2021 08:20

Presiden Jokowi. Foto: ANTARA/HO/Setpres-Lukas

FAJAR.CO.ID, BOGOR – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan pihak yang tidak mau menjalani vaksinasi Covid-19 bakal merugikan diri sendiri dan orang lain.

“Di sini ada yang tidak mau divaksin? Ada? Semua ingin divaksin, syukur alhamdulillah karena kalau ada yang tidak mau divaksin tidak hanya merugikan diri sendiri tapi juga merugikan orang lain,” kata Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Bogor, Jumat (8/1).

Hal tersebut disampaikan Jokowi dalam acara pemberian Bantuan Modal Kerja (BMK) kepada sekitar 60 orang pelaku usaha mikro dan kecil.

Para pelaku usaha yang mendengar pertanyaan Presiden Jokowi tersebut pun tidak ada yang mengangkat tangan.

“Vaksinasi itu seperti imunisasi anak-anak itu, kayak begitu saja,” ucap Jokowi.

Video Terbaru : Dikawal Ketat, Vaksin Tambahan Tiba di Dinkes Sulsel

Dirinya menjelaskan, vaksinasi dapat menjadi salah satu titik untuk menjadikan kondisi Indonesia kembali normal.

“Satu titik kita akan kembali Insya Allah ke keadaan normal karena minggu depan vaksinasi akan dimulai. Saya yang nanti disuntik pertama, tes kemudian (menyusul divaksin) dokter, perawat selanjutnya masyarakat,” ungkapnya.

Sebelumnya diberitakan, Jokowi bakal menerima suntik vaksin Covid-19 buatan Sinovac pada 13 Januari 2021 bersama para menteri dan pejabat publik terkait lainnya.

“Januari akan disuntik sebanyak 5,8 juta (orang) tapi total nantinya yang disuntik 182 juta orang, dan dua kali disuntik berarti vaksinnya butuh 2 dikali 182 juta orang, hampir 400 juta dosis untuk kebutuhan vaksinnya,” katanya.

Komentar