Waspadai Puncak Musim Hujan

Sabtu, 9 Januari 2021 09:30

GELAP: Awan mendung yang belakangan sering muncul di kawasan Kota Pasuruan. BPBD memprediksi, bulan ini sampai Februari adalah puncak penghujan. (Foto: M Zubaidillah/Jawa Pos Radar Bromo)

FAJAR.CO.ID, PURWOREJO, Radar Bromo – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pasuruan meminta masyarakat waspada selama Januari-Februari. Pasalnya cuaca diperkirakan akan cenderung ekstrem mengingat saat ini sudah memasuki puncak musim penghujan.

Kasi Pencegahan dan Penanggulangan Bencana pada BPBD Kota Pasuruan, Catur Aldoko mengungkapkan, berdasarkan pantauan dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofiksika (BMKG) Jatim, ada tekanan rendah di selatan Jatim. Dan menyebabkan pertemuan massa udara di wilayah Jatim.

Disebutkan pula berdasarkan pantauan dari gangguan atmosfer, perlu diwaspadai pembentukan awan cumulonimbus yang dapat menyebabkan hujan disertai angin kencang dan petir di sejumlah wilayah. Termasuk Pasuruan dan Probolinggo. Selain itu hujan bisa terjadi hampir setiap hari.

“Saat ini hingga Februari mendatang masuk puncak musim penghujan. Hujan bisa datang dengan intensitas tinggi saat pagi dan malam hari,” ungkapnya.

Karena itu, pihak BPBD berharap masyarakat untuk selalu hati hati. Karena ada potensi dampak yang ditimbulkan bisa menyebabkan bencana. Mulai dari jalan licin, pohon tumbang, genangan, angin kencang hingga banjir. Jika ada bencana yang terjadi di suatu tempat, masyarakat bisa segera melaporkan hal tersebut ke BPBD kota Pasuruan.

“Kami tetap stand by selama 24 jam. Dalam cuaca ekstrem seperti saat ini kalau tidak ada keperluan mendesak, lebih baik masyarakat tidak bepergian,” sebut Catur. (riz/fun/jpc)

Komentar