Diduga Halangi Penyidikan Suap Nurhadi, KPK Tahan Ferdy Yuman

Minggu, 10 Januari 2021 22:49

KPK

Pada bulan yang sama, Nurhadi bersama istrinya Tin Zuraida, keluarga, serta dua asisten rumah tangga kemudian menempati rumah tersebut.

Pada Juni 2020, tim penyidik KPK yang telah melakukan pemantauan datang ke rumah tersebut untuk menangkap Nurhadi dan Rezky.

Saat tim penyidik tiba di lokasi, Ferdy telah menunggu di dalam mobil Toyota Fortuner berwarna hitam dengan plat nomor diduga palsu yang terparkir di luar rumah untuk menjeput Rezky bersama keluarganya.

Namun saat tim penyidik mendekati mobil tersebut, Ferdy langsung tancap gas meninggalkan lokasi penangkapan dan menghilang ke arah Senayan, Jakarta Selatan.

Tim penyidik kemudian kembali ke rumah tersebut serta menangkap Nurhadi dan Rezky.

Setyo menambahkan, tim penyidik KPK juga telah melakukan upaya penggeledahan di kediaman Ferdy yang berlokasi di Kecamatan Wonocolo, Surabaya, Jawa Timur.

Akan tetapi, Ferdy dan keluarganya tidak bersikap kooperatif dengan tim penyidik.

Atas perbuatannya, Ferdy Yuman disangkakan melanggar pasal 21 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Tindak Pidana Korupsi.

“FY disangkakan melanggar Pasal 21 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi,” jelasnya.

Diketahui, KPK menangkap Ferdy di sebuah hotel di kawasan Malang, Jawa Timur, pada Sabtu (9/1).

Komentar