Konsumsi Daun Pepaya, Ini 7 Manfaatnya untuk Kesehatan

Senin, 11 Januari 2021 11:04

Ilustrasi daun pepaya. Foto: Pixabay

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Bagi wanita yang sering menghindari makan daun pepaya karena rasanya yang pahit, coba pikirkan kembali.

Karena daun pepaya yang ada dalam urap atau pecel ternyata memiliki khasiat yang luar biasa.

Berikut ini beberapa manfaat daun pepaya, seperti dilansir laman Genpi.co.

  1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Daun pepaya memiliki manfaat sebagai obat untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Jika daun buah pepaya dibuat jus, khasiatnya bisa melawan infeksi virus seperti virus flu atau radang pada tenggorokan.

Manfaat lainnya setelah mengonsumsi jus daun pepaya adalah bisa meregenerasi sel-sel darah putih dan trombosit secara alami.

  1. Meredakan nyeri saat haid

Pada sebagian wanita, mengalami nyeri perut saat haid merupakan hal yang wajar.

Namun, rasa nyeri yang seringkali timbul ini membuat aktivitas pun menjadi terhambat. Ternyata kandungan daun pepaya yang dikenal pahit ini bisa meradakan nyeri saat haid.Caranya dengan merebus satu lembar daun pepaya mentah, air, asam jawa, dan garam. Kemudian minum ramuan tersebut dalam keadaan hangat.

  1. Memperlancar ASI

Bagi wanita yang sedang menyusui, mempunyai ASI yang lancar tentunya merupakan kebahagiaan tersendiri bagi ibu dan bayi. Untuk memperlancar ASI, bisa mencoba cara alami, salah satunya dengan memanfaatkan daun pepaya.

Caranya dengan menggunakan lima lembar daun pepaya yang diletakkan di atas api hingga layu, kemudian tempelkan pada bagian payudara, kecuali pada puting saat masih hangat.

Komentar