Rakernas Pembangunan Pertanian Tahun 2021, Sulsel Fokus Penyangga Pangan Nasional dan Produksi Subtitusi Impor

Senin, 11 Januari 2021 18:21

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Gubernur Sulawesi Selatan, Prof. HM Nurdin Abdullah mengikuti secara virtual pembukaan Rakernas Pembangunan Pertanian Tahun 2021 di Rumah Jabatan Gubernur. Acara ini dibuka langsung oleh Presiden RI Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Senin, 11 Januari 2021.

Selain gubernur seluruh Indonesia, juga dihadiri oleh bupati, dan wali kota serta kepala dinas yang terhubung secara virtual. Jumlah peserta yang hadir sekitar 1.300 orang secara tatap muka maupun daring.

Rakernas dilaksanakan untuk membahas program kerja Kementerian Pertanian tahun 2021, dengan mengusung tema “Memperkuat Peran Sektor Pertanian dalam Menopang Pertumbuhan Ekonomi di Tengah Pandemi COVID-19”.

Kepala Dinas (Kadis) Pertanian, Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Sulsel, Andi Ardin Tjahjo yang juga hadir di Istana Negara menyebutkan, bahwa dari pertemuan ini Sulsel harus fokus menjadi penyangga pangan nasional dan memproduksi komoditas yang masih banyak diimpor sebagai subtitusi produk.

“Jadi pengertian bahwa pertama kita harus pahami. Kemudian kita implementasikan jadi ada konsep harus dipahami dan diimplemtasikan dalam waktu yang cepat. Itu maunya Pak Presiden,” ujarnya.

“Kalau Sulsel tetap menjadi penyangga pangan nasional. Jadi Sulsel adalah salah satu bentengnya dan itu yang akan kita pertahankan,” tambahnya.

Ada beberapa komoditas yang masih tinggi impornya, seperti bawang putih kedelai dan gula. Solusinya, bagaimana ada substitusi impor dalam artian komoditas yang banyak diimpor harus diproduksi di dalam negeri.

Komentar