Sosok Calon Kapolri, Prof Jimly: Presiden Nilai yang Paling Dekat Dia, Meskipun Paling Muda

Senin, 11 Januari 2021 16:51

Prof Jimly Asshiddiqie

FAJAR.CO.ID, JAKARTA– Presiden Joko Widodo disebut telah menunjuk Kepala Badan Reserse dan Kriminal (Kabareskrim) Komjen Listyo Sigit Prabowo sebagai calon Kapolri.

Nama Komjen Listyo Sigit sebagai pengganti Jenderal Idham Azis segera dikirim ke DPR.

Sebelumnya, nama Komjen Listyo memang masuk dalam daftar lima jenderal bintang tiga yang direkomendasikan Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas).

Selain mantan ajudan Presiden Jokowi (2014) itu, ada nama Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Boy Rafly Amar, Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Polri Komjen Pol, Arief Sulistyanto, dan Kepala Badan Pemelihara Keamanan Polri Komjen Pol Agus Andrianto.

Senator DPD RI, Prof Jimly Asshiddiqie juga mempresdiksi calon Kapolri yang dipilih Presdien Jokowi.

Menurutnya siapapun yang dipilih, masyarakat harus mendukungnya. Dia juga meminta DPR segera memproses jika nama tersebut sudah diusulkan oleh Presiden Jokowi.

“Yang mana saja yang dipilih mesti didukung, yang penting cepat dapat prsetujuan DPR supaya segera ada kepastian di tengah banyaknya masalah yang menerpa bangsa kita,” kata Prof Jimly di akun Twitternya, Senin (11/1/2021).

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi itu juga memprediksi kemungkinan Komjem Listyo yang bakal dipilih Jokowi.

“Bisa saja yang dipilih Presidn yang dinilai paling dekat dengan dia, meskipun paling muda,” sebutnya.

Komentar