Pengusaha-Pekerja Diusul Prioritas Vaksinasi

ILUSTRASI. Vaksin/ FAJAR

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Dunia usaha menjadi harapan pemulihan ekonomi pada masa pandemi. Kelompok pengusaha dan pekerja pun diwacanakan menjadi prioritas vaksinasi.

ANGGOTA Komisi IX DPR RI Aliyah Mustika Ilham mengaku sepakat bila kalangan pengusaha masuk daftar prioritas vaksinasi tahap awal. Sektor ekonomi sangat terdampak akibat pandemi Covid-19. Banyak bisnis terpuruk, termasuk usaha kecil.

“Vaksinasi yang rencananya mulai berjalan besok (hari ini, Red) diharapkan bisa menanggulangi masalah pandemi. Termasuk efeknya yang cukup besar di bidang ekonomi bisa segera pulih,” tuturnya kepada FAJAR, Selasa, 12 Januari.

Bila vaksinasi juga diutamakan kepada para pelaku dunia usaha, maka akan paralel dengan program pemulihan ekonomi nasional (PEN). Dia berharap pemerintah dapat mengkaji usulan ini dengan memasukkan kalangan pengusaha dan pekerja dalam daftar kelompok awal.

“Saya akan dorong usulan di rapat kerja dengan menteri kesehatan di Komisi IX berikutnya. Vaksinasi jalan, kita harap ekonomi juga bisa bangkit dari tekanan akibat pandemi ini,” bebernya.

Dia mengapresiasi rencana pemberian vaksin yang kategorinya diperluas. Seperti usia di atas 59 tahun dikaji nanti sudah bisa ikut vaksinasi. Namun untuk kelompok usia di bawah 18 tahun, belum ada hasil uji klinisnya.”Ini kita minta ada juga pengujian untuk kelompok di bawah 18 tahun. Anak-anak juga rentan terjangkit Covid-19,” bebernya.

Komentar


KONTEN BERSPONSOR