Istri Legislator Ikut Jadi Tenaga Kontrak, Pemprov Sulsel Janji Evaluasi

Kamis, 14 Januari 2021 14:41

Istri dari Wakil Ketua DPRD Sulsel, Ni’matullah, Tenri.

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Evaluasi tenaga kontrak atau honorer di Pemprov Sulsel akan dilakukan akhir Januari ini. Tinggal menunggu pergubnya tuntas, sasaran tahap awal adalah tenaga administratif. 

Ada total 2.233 tenaga kontrak yang bertugas di bagian administrasi. Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sulsel sudah mempersiapkan skema evaluasi, yang akan dilakukan bulan ini.  

“Harusnya dari bulan lalu. Tetapi kami tunggu Pergub. Makanya mundur ke bulan ini. Ada tiga tahapan tes, mulai dari evaluasi administrasi, mulai dari SKD, tes wawancara,” beber Kepala BKD Sulsel Imran Jausi kepada FAJAR, kemarin.  

Kata dia, administrasi dilakukan untuk melihat sejauh kepastian kehadirannya. Jangan sampai, ada yang hanya nebeng nama atau tak pernah berkantor. Bobotnya 40 persen. 

Lalu ada seleksi kompetensi dasar yang akan digelar berbasis komputer di BKD.  Bobotnya 40 persen. Kemudian ada tes wawancara yang akan dilakukan di OPD masing-masing dengan bobot 20 persen. 

“Jadi setiap OPD membentuk tim wawancara. Salah satu di dalam tim itu harus ada dari BKD. Hasil akumulasi evaluasi inilah yang akan menjadi penilaian apakah yang lama akan dipertahankan atau tidak,” jelasnya.  

Dia mengakui, ada temuan dari Badan Pemeriksa Keungangan (BPK) soal pengelolaan tenaga honorer pemprov. Kata dia, anggaran yang dihabiskan untuk penggajian sangan besar, mencapai Rp400 miliar setiap tahunnya. 

Komentar