Simbol Alamo

Kamis, 14 Januari 2021 08:30

Disway

Oleh: Dahlan Iskan

TRUMP pernah memarahi menantunya: “bisa-bisa kelak  saya kalah gara-gara ini”.

Trump yang dimaksud adalah Presiden Amerika Donald Trump.

Menantunya yang dimaksud  adalah Jared  Kushner, suami Ivanka.

“Gara-gara ini” yang dimaksud adalah “test Covid-19”.

Trump, seperti disiarkan media di AS, memang pernah minta ke menantunya itu agar jangan terlalu agresif melakukan test Covid.

Trump mengangkat menantunya itu sebagai penasihat utamanya. Menurut Trump, tingginya angka Covid di Amerika hanya akibat terlalu banyak yang menjalani test.

Itu sangat merugikannya. Nama Trump jatuh. Jadi bulan-bulanan berbulan-bulan. Sampai kemarin penderita Covid di sana mencapai hampir  25 juta orang.

“Kenapa tidak seperti Meksiko saja,” sergah Trump ke menantunya itu. Menurut Trump angka di Meksiko jauh  lebih kecil dari Amerika karena yang dites sedikit. Pun beberapa negara lain.

Politik memang tidak suka keterbukaan. Di politik harus banyak yang disembunyikan. Kebohongan harus dibungkus –kadang harus  dibungkus dengan kebohongan yang lebih besar.

Dan Trump kalah.

Mungkin ia sudah lupa kalau pernah memarahi menantunya. Kini terlalu banyak tekanan yang datang. Termasuk dari partainya sendiri. Tinggal keluarga intinya yang masih utuh. Pejabat ring satunya pun sudah banyak yang mundur.

Tapi dengan Wakil Presiden Mike Pence terlihat sudah wawuhan. Mereka terlihat bertemu di Gedung Putih setelah 5 hari jotakan.

Komentar