Surabaya Dapat Jatah 33.420 Vaksin

Kamis, 14 Januari 2021 16:00

Ilustrasi vaksin covid-19

FAJAR.CO.ID, SURABAYA — Jatah vaksin antikorona bagi Surabaya akhirnya ditetapkan. Surabaya mendapatkan 33.420 vaksin. Dibandingkan daerah lain, jumlah antivirus yang didapatkan Surabaya terbilang paling besar.

Kepastian itu disampaikan Plt Wali Kota Surabaya Whisnu Sakti Buana kemarin (12/1) selepas menggelar rapat koordinasi via daring dengan Pemprov Jatim. Dalam pertemuan tersebut, Surabaya juga memaparkan kesiapan menyambut vaksinasi. Whisnu menjelaskan, Surabaya mendapatkan jatah 33.420 vaksin Covid-19.

Rencananya, hari ini vaksin Sinovac itu mulai didistribusikan ke seluruh kabupaten/kota di Jatim. ”Besok (hari ini, Red) kami ambil di Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemprov Jatim,” ucapnya.

Untuk menyambut kedatangan vaksin, pemkot menyiapkan kebutuhan. Pertama, calon penerima vaksin. Gelombang pertama, 12 orang akan disuntik vaksin. Kegiatan tersebut dilakukan sebagai contoh sekaligus sosialisasi kepada warga. ”Di daftar nama itu, ada saya dan forkopimda,” paparnya.

Daftar 12 nama sudah ditetapkan. Pemkot pun telah mengirimkan list itu kepada Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Fungsinya, memonitor tingkat kesehatan calon penerima vaksin.

Penyuntikan kepada 12 orang tersebut digelar pada 15 Januari nanti. Vaksinasi itu bertempat di balai kota. Namun, sebelum antivirus disuntikkan, peserta harus melewati skrining terlebih dahulu. General checkup dilakukan. Tujuannya, memastikan kesehatan calon penerima vaksin. ”Seperti pemeriksaan tekanan darah,” paparnya.

Sementara itu, vaksin yang lain diperuntukkan tenaga kesehatan (nakes). Yakni, perawat dan dokter. Pasalnya, mereka merupakan garda terdepan dalam penanganan Covid-19.

Komentar