Surabaya Dapat Jatah 33.420 Vaksin

Kamis, 14 Januari 2021 16:00

Ilustrasi vaksin covid-19

Dari data pemkot, jumlah nakes di Surabaya mencapai 33.027 orang. Tersebar di puskesmas dan rumah sakit. Seluruhnya bakal disuntik vaksin. Imunisasi itu dilakukan di seluruh puskesmas dan rumah sakit yang ditunjuk. ”Total ada 109 fasilitas kesehatan (faskes) yang mengadakan vaksinasi,” terangnya.

Jumlah vaksin itu sejatinya masih kurang. Sebab, pemkot berencana memberikan antivirus bagi petugas lain. Contohnya, Polri, TNI, satpol PP, dan linmas. Untuk mencukupi kekurangan, pemkot mengajukan tambahan vaksin. Jumlahnya berkisar 8 ribu vaksin.

Sesuai perencanaan, proses vaksinasi berjalan selama tiga minggu. Dalam satu hari, 1.500 nakes bakal disuntik vaksin tersebut. Untuk sarpras, jauh-jauh hari pemkot telah bersiap. Pertama, menyiapkan tempat penyimpanan vaksin. Saat ini cool room dinas kesehatan (dinkes) mampu menampung 20 ribu vaksin. Sekitar 10 ribu sudah digunakan untuk menyimpan reagen tes swab.

Kapasitas tempat penyimpanan itu bakal bertambah. Pasalnya, pemkot mendapatkan tambahan cool room. Lemari pendingin itu mampu menyimpan 50 ribu vaksin. Dengan demikian, totalnya mencapai 70 ribu vaksin.

Petugas yang menyuntikkan vaksin juga menjadi perhatian. Pemkot melakukan pelatihan agar imunisasi berjalan lancar. Simulasi vaksinasi sudah dilakukan ke seluruh puskesmas dan rumah sakit yang ditunjuk. Pemkot menegaskan, Surabaya siap menggelar vaksinasi.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Febria Rachmanita menuturkan, jumlah vaksinator atau petugas pemberi vaksin mencapai 839 orang. Mereka berasal dari rumah sakit dan puskesmas. Seluruhnya sudah mendapatkan pelatihan.

Komentar