BMKG Prediksi Gempa 6,2 Skala Richter Sebagai Gempa Utama di Majene

Jumat, 15 Januari 2021 15:31

Kondisi kerusakan kantor gubernur sulbar-- istimewa

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar memprediksi gempa dengan kekuatan 6,2 Skala Richter yang terjadi di Majene dini hari tadi sebagai gempa utama.

Imran, Staf BMKG wilayah IV Makassar mengatakan, meski tidak menutup kemungkinan gempa dengan skala kecil masih bisa terjadi.

“Kalau potensi gempa susulan tetap ada. Kalau yang gempa terjadi 62 ,2 itu sebagai gempa utamanya. Kalau gempa sore kamis kemarin itu gempa pendahuluan, kita harapkan ya setelah ini gempanya susulan kecil-kecil,”ungkapnya saat dihubungi, Jumat (15/1/2021).

Kendati demikian, sesuai arahan BMKG pusat, ia mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan waspada terhadap adanya gempa susulan.

Masyarakat dengan tempat tinggal yang sudah rusak atau sebagian rusak agar tidak menempati lagi. Sebab, karena dapat mengalami kerusakan yang lebih berat jika ada gempa susulan.

Masyarakat yang tinggal di wilayah perbukitan juga harus waspada. Sebab gempa bisa memicu longsor.

Untuk yang tinggal di pesisir Majene agar mewaspadai adanya potensi Tsunami sebab Majene punya track record di tahun 1969 jika menunjukkan tanda tanda agar meninggalkan lokasi tanpa menunggu peringatan.

“Terkahir, waspada dengan berita bohong prediksi utamanya mengenai tsunami. Upayakan mengambil informasi dari BMKG,”tutup Imran. (ikbal/fajar)

Komentar