Gempa Sulbar, Jusuf Kalla Kerahkan Relawan PMI Bantu Penanganan Darurat

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAJENE — Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) M Jusuf Kalla bergegas mengerahkan relawan PMI guna melakukan penanganan darurat serta evakuasi korban gempa di Kabupaten Mamuju, Majene dan Polman Sulawesi Barat.

Gempa dengan magnitudo 6,2 SR terjadi, pada Jumat (15/1/2021) pukul 02.28 Wita menimbulkan korban jiwa dan kerusakan bangunan. Pusat gempa berada di darat 6 kilometer Timur Laut Mejene dengan kedalaman 10 kilometer.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan 3 korban meninggal dunia, 24 korban luka, dan sebanyak 2.000 warga mengungsi ke tempat yang lebih aman.

“PMI beserta relawannya akan mengerahkan kemampuan terbaiknya untuk membantu melakukan penanganan darurat serta pencarian dan evakuasi korban,” ungkap Jusuf Kalla dikutip dari unggahannya di Instagram, Jumat (15/1/2021).

Pak JK, demikian ia biasa disapa juga menyampaikan duka cita mendalam atas bencana alam tersebut.

“Duka cita yang mendalam atas bencana gempa bumi dengan kekuatan 6,2 SR yang menimpa saudara-saudara kita di Kabupaten Mamuju, Majene dan Polman Sulawesi Barat,” katanya.

“Kedepankan semangat kemanusiaan membantu korban gempa dan banjir. Tetap jaga protokol kesehatan,” pesan JK.

Selain gempa, Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Raditya Jati dalam keterangan menjelaskan ada tiga titik longsor di sepanjang jalan poros Majene-Mamuju dengan dampak akses jalan terputus.

  • Bagikan