Di Tengah Banyaknya Bencana dan Pandemi, Lumbung Pangan Masyarakat Harus Diperkuat

Sabtu, 16 Januari 2021 21:04

Foto: IST

FAJAR.CO.ID, JAKARTA—Lumbung pangan masyarakat sangat penting untuk menjaga ketersediaan pangan di tengah pademi Covid-19 dan banyaknya bencana yang terjadi. Ini untuk memperkuat ketahanan pangan masyarakat.

Kementerian Pertanian (Kementan) pun terus berusaha memperkuat peran lumbung pangan masyarakat desa yang dinilai saat ini menjadi sangat strategis. Dinas Ketahanan Pangan Daerah diimbau memperhatikan instruksi ini.

“Lumbung pangan masyarakat ini sangat penting untuk menjaga ketersediaan pangan masyarakat, apalagi di masa pandemi ini, karena itu saya meminta Dinas Ketahanan Pangan Daerah  memperhatikan dan memperkuat lumbung pangan masyarakat di daerahnya,” ujar Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian (Kementan) Agung Hendriadi, Sabtu (16/1/2021).

Upaya penguatan lumbung pangan masyarakat ini sejalan dengan kebijakan Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo dalam menjamin ketersediaan pangan di era new normal, agar setiap daerah memperkuat ketahanan pangan masyarakat.

Menurut Agung, melalui Lumbung Pangan Masyarakat Desa, ketahanan pangan masyarakat akan semakin kokoh, karena pangan selalu tersedia di masyarakat. “Lumbung Pangan Masyarakat Desa juga sangat penting untuk mengatasi masalah pangan akibat bencana alam, keadaan darurat, dan di saat paceklik,” tambah Agung.

Sementara itu, Kepala Pusat Distribusi dan Cadangan Pangan Masyarakat BKP, Risfaheri menjelaskan bahwa, saat paceklik masyarakat yang membutuhkan dapat meminjam gabah/beras dan dikembalikan pada saat petani sudah panen. Tentu dengan tambahan keuntungan bagi lumbung yang disepakati bersama. Dengan demikian stok pangan di lumbung tetap terjaga volumenya, bahkan dapat terus bertambah.

Komentar