Dipecat dari Ketua KPU, Ini Pembelaan Diri Arief Budiman

Sabtu, 16 Januari 2021 09:30

Arief Budiman

Kemudian untuk pokok perkara yang kedua, yaitu dugaan melanggar kode etik karena mengaktifkan kembali Evi sebagai Komisioner melalui surat KPU, juga dibantah Arief Budiman.

Mantan Anggota KPU Provinsi Jawa Timur ini membatah anggapan DKPP yang menyebut dirinya menggunakan kewenangannya sebagai Ketua KPU menerbitkan surat untuk mengembalikan posisi Evi.

“Di persidangan saya juga dinyatakan ini adalah perbuatan individual, menerbitkan (surat) itu seolah-olah perbuatan tersendiri. Tidak,” katanya.

“Pertama, surat yang kami kirimkan itu sebetulnya surat biasa. Ini contohnya ya yang telah persetujuan seluruh anggota (KPU). Jadi ini bukan tindakan pribadi dan ini sudah saya sampaikan sebagai bagian dari alat bukti,” ungkap Arief.

“Jadi kalau saudara-saudara bisa lihat surat ini, surat nomor 663 tanggal 18 Agustus, perihalnya adalah penyampaian petikan Keppres nomor 83/P Tahun 2020. Jadi hanya surat penyampaian petikan, jadi mengantarkan untuk menyampaikan itu,” jelasnya.

Arief menjelaskan isi surat KPU yang dimaksud untuk menghantarkan petikan Keppres yang mencabut Kepres pemecatan Evi oleh Presiden Joko Widodo.

Bagikan berita ini:
9
3
10
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar