Prakiraan Cuaca BMKG, Sulsel Diguyur Hujan Ringan hingga Sedang Namun Berlangsung Lama

Sabtu, 16 Januari 2021 13:37

Petugas Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memantau monitor citra satelit cuaca. Foto: ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

FAJAR.CO.ID,MAKASSAR– Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar menyatakan siklus cuaca di Provinsi Sulawesi Selatan saat ini tengah memasuki musim puncak hujan dari bulan Desember 2020 lalu hingga Januari 2021.

Prakirawan BMKG Wilayah IV Makassar, Re’kun Matandung membenarkan hal tersebut. Ia mengatakan potensi hujan di Sulawesi Selatan memiliki intensitas ringan hingga sedang.

“Memang kategorinya ringan, tapi sepanjang hari, makanya kita klasifikasikan ke ringan hingga sedang,” kata Rere sapaan karibnya pada fajar.co.id, Sabtu (16/1/2021).

Rere menyebut intensitas hujan ringan hingga sedang itu, diperkirakan sampai 3 hari ke depan.

Sementara terkait peringatan dini di Provinsi Sulawesi Selatan, Rere mengaku belum mengeluarkan warning khususnya potensi bencana alam yang bisa terjadi di beberapa titik seperti banjir.

Alasannya, lanjut Rere, secara merata intensitas hujan di Sulsel masih masuk dalam kategori hujan ringan hingga sedang.

“Kami keluarkan peringatan dini itu ketika berpotensi hujan lebat, cuaca ekstrem. Jadi kalau intensitas hujan lebat, baru kami keluarkan warning,” ungkapnya.

Lebih jauh, Rere mengimbau kepada masyarakat yang bermukim di sekitar pesisir untuk meningkatkan kewaspadaan dan tetap tenang. (Anti/fajar)

Komentar


VIDEO TERKINI