Ramal Jokowi Lengser, Mbak You akan Dipolisikan, Mbah Mijan: Berlebihan!

Sabtu, 16 Januari 2021 08:10

Mbah Mijan (instagram)

FAJAR.CO.ID — Ahli metafisika Mbah Mijan ikut berkomentar terkait kontroversi paranormal Mbak You yang rencananya akan dipolisikan karena meramal Presiden Joko Widodo (Jokowi) lengser di tahun 2021. Mbah Mijan menyebut, rencana laporan itu berlebihan.

“Ramalan bisa dipenjara hanya di Indonesia! Saya sudah wanti-wanti sejak lama tentang vision yang bisa melanggar hukum, terutama saat UU ITE disahkan. Adapun rencana salah satu Peramal akan dipolisikan terkait ramalannya, saya nilai tindakan itu berlebihan, bicarakanlah dulu,” ujar Mbah Mijan di akun twitternya Jumat (15/1).

Mbah Mijan menilai, melakukan kegiatan meramal, berbeda dengan pelaku kriminal lainnya sehingga tidak bisa dipidana.

“Hati-hati, peramal berbeda dengan pelaku kriminal, koruptor, teroris, provokator, dan lain-lain. Para Peramal paham etika bernegara dan vision yang disampaikan bersifat abstak/semu.Ghaib itu ada, mistis itu nyata, ini bukan ranah yang boleh asal masuk karena ketersinggungan,” papar Mbah Mijan.

Pria bernama asli Samijan ini mengatakan, peramal dan Ahli Nujum di Indonesia bukan profesi atu aktivitas yang tiba-tiba ada. Ada sejarah panjang tentang ini, ada situsnya, ada warisan, ada peninggalan yang masih dipercaya.

Bagikan berita ini:
9
3
7
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar