Tambah Penerbangan Domestik Sulsel, Ajak Maskapai, Kaji Rute Bone

Sabtu, 16 Januari 2021 15:06

Gubernur Sulsel Harap Bandara Toraja Dapat Layani Penerbangan Tiap Hari

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Pemprov Sulsel terus berupaya menambah rute penerbangan domestik ke sejumlah daerah. Kali ini, mencoba mengajak maskapai penerbangan untuk mengkaji beberapa rute potensial.

Baru-baru ini, Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah bertemu langsung dengan Direktur Utama PT Citilink Indonesia, Juliandra, dan Direktur Niaga PT Citilink Indonesia, Benny Rustanto di Kantor Gubernur Sulsel. Nurdin ingin menjajaki penambahan layanan penerbangan.

Ada dua rute yang menjadi perhatian Pemprov Sulsel. Yakni untuk Makassar-Masamba dan Makassar-Bone. “Mudah-mudahan, ini baru mau kita uji coba. Lihat landasannya apakah memenuhi syarat landing ATR,” ungkap Nurdin, kemarin.

Ia berterima kasih atas program layanan subsidi tiket yang berjalan, yakni untuk rute Makassar ke Toraja, Selayar, dan Palopo. Program ini menurutnya sudah berjalan maksimal yang dampaknya bisa dirasakan langsung pada masyarakat.

Kepala Dinas Perhubungan Sulsel, Muhammad Arafah mengatakan, ruter Makassar-Masamba dan Makassar-Bone ini cukup potensial untuk dibuka. Utamanya untuk Makassar-Bone yang sebelumnya berhenti beroperasi sejak 2019 lalu.

“Rencananya mau kita aktifkan kembali, dan mengajak sejumlah maskapai untuk bisa memberikan pelayanan. Kami sudah berbincang dengan Kementerian Perhubungan terkait perencanaan ini,” imbuh Arafah.

irektur Utama PT Citilink Indonesia, Juliandra mengapresiasi keinginan Pemprov Sulsel tersebut. Apalagi, selama ini mereka sudah bekerja sama atas pembukaan rute penerbangan ATR Citilink. “Khususnya di rute Toraja, Selayar, Palopo, dan Raha,” papar Juliandra.

Komentar


VIDEO TERKINI