Satgas Covid-19: Ada yang Mengatakan setelah Vaksin akan Lumpuh, bahkan Ada yang Bilang Alat Vital Ukuran Bertambah

Minggu, 17 Januari 2021 19:30

Presiden Joko Widodo menjalani vaksinasi covid-19 tahap pertama-- Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden

Ia yakin, vaksin Covid-19 yang digunakan pemerintah dalam vaksinasi aman karena telah melalui pengujian keamanan. ’’Kalau ditanya apakah vaksin aman saya akan katakan insyaallah aman karena sudah melewati fase I dan II. Sejak uji fase I dan II keamanan vaksin sudah bisa terlihat,’’ katanya.

Majelis Ulama Indonesia (MUI), ia melanjutkan, juga sudah mengeluarkan fatwa mengenai kehalalan vaksin Covid-19 buatan Sinovac yang digunakan pemerintah dalam vaksinasi tahap pertama. ’’Saya tidak terlalu pusing memikirkan ini. Kalau pun ternyata ada kandungan zat yang tidak halal, saya memutuskan tetap melakukan vaksin dengan pertimbangan dalam keadaan darurat,’’ terangnya.

Mengenai efek samping vaksinasi Covid-19, ia mengemukakan bahwa semua vaksin punya efek samping. ’’Jangan katakan vaksin tidak ada efek samping. Yang paling ringan adalah rasa sakit saat disuntik, lalu ada efek gatal, bengkak, merah, mual, dan sakit kepala. Bahkan untuk efek samping berat bisa pingsan,’’ katanya. ’’Yang diantisipasi adalah penanganannya,’’ tambahnya. (jpc/fajar)

Komentar