Tak Tanggung-tanggung, UNM Bebaskan UKT Mahasiswa Korban Gempa dari S1 Sampai S3

Minggu, 17 Januari 2021 14:07

Jajaran Rektorat UNM.

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Universitas Negeri Makassar (UNM) bergerak cepat menanggapi bencana gempa bumi yang melanda Majene dan Mamuju Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) yang terjadi pada Kamis (14/1/2021) lalu.

Kampus pencetak guru ini membebaskan pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) bagi mahasiswa yang terdampak gempa.

Kebijakan ini tertuang dalam Keputusan Rektor Universitas Negeri Makassar Nomor : 118/UN36/HK/2021 tentang pemberian bantuan bagi mahasiswa Universitas Negeri Makassar Korban Bencana alam Sulawesi Barat berupa pembebasan uang kuliah tunggal (UKT) pada semester genap TA 2020/2021.

Rektor UNM, Prof Husain Syam menjamin semua mahasiswa yang terdampak gempa akan dibebaskan dari pembayaran UKT. Mulai dari Strata 1 (S1) hingga Strata 3 (S3).

“Berlaku untuk semua tingkatan UKT, mau 5 juta maupun 8 juta berapapun nilai UKTnya dia bebas tidak membayar semester ini. Semester berapun pokoknya semua yang terdampak,” ungkap Prof Husain, Minggu (17/1/2021).

Prof Husain menambahkan, jika ada mahasiswa terdampak gempa yang terlanjur membayar, maka uang tersebut akan dikembalikan kepada yang bersangkutan. Tanpa pemotongan sepeserpun.

“Kalau ada sudah mebayar dikembalikan. Itu bisa membuat kamu (mahasiswa) bersemangat. Diberi perlakukan yang sama demi semangat kemanusiaan,” ucapnya.

Adapun mekanisme pengajuan pembebasan UKT Korban Bencana Alam Provinsi Sulawesi Barat dengan cara orang tua/wali mengajukan surat permohonan pembebasan UKT dengan melampirkan beberapa dokumen.

Komentar