Bencana Alam Bertubi-tubi, Ini Pesan Guz Jazil ke Pemerintah

Senin, 18 Januari 2021 19:44

Wakil Ketua MPR RI, Dr. H. Jazilul Fawaid. Foto: Humas MPR RI

FAJAR.CO.ID, JAKARTA– Bencana alam datang bertubi-tibu menghantam negeri ini di awal tahun ini. Mulai dari longsor Sumedang, Jawa Barat, banjir besar di Kalimantan Selatan (Kalsel) dan sejumlah daerah lain, gempa bumi di Sulawesi Barat (Sulbar), letusan gunung Semeru, luapan air laut di Manado, dan berbagai bencana alam lain.

Merespons hal itu, Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid mengatakan, langkah pertama pemerintah harus melakukan tindakan cepat untuk menangani atau memberikan bantuan darurat bagi para korban bencana di berbagai daerah.

“Apa yang dibutuhkan mungkin makanan minuman, bantuan yang darurat secepatnya pemerintah harus bisa menangani untuk korban,” kata politikus PKB yang biasa disapa Gus Jazil itu di Jakarta, Senin (18/1).

Kedua, hal yang tidak kalah penting, pemerintah dan seluruh elemen masyarakat harus mengevaluasi diri apa kira-kira kesalahan sehingga menimbulkan musibah bencana datang bertubi-tubi.

“Ada faktor alam yang dirusak oleh manusia atau faktor-faktor lain. Jadi ini menjadi bahan pelajaran buat kita semua sebagai bangsa,” tuturnya.

Dikatakan, Gus Jazil, ada pikiran yang mengatakan bahwa orientasi pembangunan yang berbasis pada sumber daya alam mengakibatkan eksploitasi alam terjadi dimana-mana.

“Di situlah seringkali bencana muncul yang berupa banjir, tanah longsor makanya penting bagi kita merenung, mengevaluasi terkait orientasi pembangunan yang ramah lingkungan, bukan orientasi pembangunan yang merusak lingkungan dan menimbulkan bahaya buat masyarakat,” katanya.

Bagikan berita ini:
8
4
3
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar