Ditarget Dua Pekan, Pembongkaran Gedung Gubernur Sulbar hingga Dini Hari

Senin, 18 Januari 2021 22:52

Kantor Gedung Gubernur Sulbar yang rusak akibat gempa bumi.

FAJAR.CO.ID, MAMUJU – Proses evakuasi reruntuhan bangunan gedung Gubernur Sulawesi Barat (Sulbar) ditargetkan rampung dalam waktu dua pekan.

Pihak pekerja konstruksi pun mulai menggenjot pengerjaan itu hingga pada malam hari ini, Senin (18/1/2021) pukul 21.30 Wita. Sejumlah alat berat telah dikerahkan, untuk membersihkan reruntuhan bangunan tersebut.

Agar memudahkan proses evakuasi, pihak konstruksi menyiapkan lampu agar memudahkan evakuasi itu di tengah gemerlap malam.

Apalagi kawasan kompleks perkantoran Gedung Gubernur Sulbar hingga saat ini masih mengandalkan tenaga mesin genset yang telah tersedia.

Proses evakuasi reruntuhan itu pula tak pernah lepas dari tontonan warga sekitar yang menjadi korban gempa yang mengungsi di sekitar kantor tersebut.

Di kawasan evakuasi itu, sejumlah petugas rekonstruksi juga tampak sedang mengatur kendaraan yang melintas di sekitar proyek tersebut.

Sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono memberikan target kepada konstruksi agar semua bangunan yang roboh dalam kompleks perkantoran itu telah rampung dalam waktu dua pekan.

“Itu yang baru bisa saya prediksi dua minggu sudah harus bersih,” katanya kepada wartawan, Minggu (17/1/2021) kemarin.

“Saya kira belum (recovery bangunan) untuk keseluruhan harus diidentifikasi detail. Ini belum diidentifikasi detail. Jadi kita punya prioritas. Prioritas utama kita mengidentifikasi korban. Hari ini kita baru dapat informasi korban sudah dievakuasi semua. Sehingga saya baru bisa masuk untuk membersihkan,” sambung dia. (Ishak/fajar)

Komentar


VIDEO TERKINI