Manfaat Jahe Campur Mentimun, Ampuh Atasi Asam Urat

Senin, 18 Januari 2021 11:12

LUSTRASI: rRebusan jahe dan cengkeh bisa jadi obat asam lambung (Istimewa)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Manfaat jahe bagi kesehatan sudah dikenal sejak ribuan tahun yang lalu. Jahe mengandung banyak vitamin dan juga mangan dan tembaga, yang semuanya sangat penting untuk berfungsinya tubuh.

Nah, jahe yang dicampur dengan buah ini ternyata juga ampuh menurunkan gejala asam urat yang mengganggu.

Sebuah penelitian yang dipublikasi pada 2011 menemukan jahe bekerja sebagai agen antiinflamasi.

Kandungan herbal di dalamnya bisa menurunkan gejala asam urat. Pada penelitian itu, jahe diadu dengan obat bernama indometasin. Hasilnya, jahe memiliki efek yang sama baiknya dengan obat tersebut.

Penelitian lain juga sama. Di Pakistan, ada tim peneliti yang menemukan campuran jahe dengan beberapa jenis herbal lain memiliki efek antiinflamasi.

Efek ini bisa mengurangi gejala radang sendi akibat asam urat.

Hipotesis peneliti, jahe mengandung beberapa zat anti-inflamasi. Kandungan gingerol dan shogaol, disebut ampuh mengurangi nyeri. Kedua zat itulah yang memiliki efek anti-radang.

Menurut laman Genpi.co, asam urat seringkali mengganggu aktivitas karena menimbulkan rasa seperti kesemutan dan nyeri di persendian.

Pola makan yang buruk dengan konsumsi daging merah berlebihan membuat tumpukan purin menjadi berlebih di tubuh.

Sedikit demi sedikit, mereka terbentuk menjadi kristal asam urat kecil yang menyakitkan di sendi. Dalam kasus yang paling serius, peradangan dan rasa sakit asam urat ini sering muncul menjadi pembengkakan pada jempol kaki.

Komentar