Perkuat Sektor Pangan, Sulsel Target Panen 4 Kali Setahun

Senin, 18 Januari 2021 13:40

Sejumlah petani yang ada di Kabupaten Gowa mengeluh, terkait pupuk yang akhir-akhir ini dianggap mengalami kelangkaan.

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Sektor pertanian menjadi kunci pendorong pemulihan ekonomi nasional. Sulsel ingin perkuat sektor pangan.

Pemprov Sulsel terus menggenjot produksi tanaman padi. Targetnya, petani di Sulsel bisa panen mencapai empat kali dalam setahun. Penguatan pertanian cukup tepat, sektor ini tetap mampu mencatatkan pertumbuhan positif meski kondisi krisisi ekonomi.

Dinas Pertanian, Tanaman Pangan, dan Holtikultura Sulsel saat ini melakukan uji coba Indeks Pertanaman (IP) padi 400. Uji coba akan dilakukan di daerah yang memiliki irigasisepanjang tahun.

Kepala Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura, dan Perkebunan Sulsel, Andi Ardin Tjatjo mengatakan, pihaknya masih melakukan identifikasi wilayah. Setiap daerah akan uji coba sekitar 25 hingga 50 hektare.

“Daerah yang masa tanamannya tiga kali dalam setahun punya potensi,” jelasnya seperti dikutip dari Harian Fajar (Fajar Indonesa Network Grup) kemarin.

Pihaknya berupaya menjamin ketersediaan bibit lebih memadai, untuk kebutuhan produksi. Jika program tersebut sukses, produksi hasil pangan Sulsel akan meningkat.

“Potensinya bisa menambah jumlah penanaman tanpa memperluas area,” jelasnya.Sementara untuk 2020 lalu, produksi beras Sulsel diakuinya menurun. Akan tetapi, kata dia, Sulsel tetap menjadi lumbung pangan nasional. Selain itu Sulsel tetap surplus 2 juta ton beras.

Wakil Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, mengatakan, salah satu upaya untuk meningkatkan produksi pangan di Sulsel dengan hadirnya bendung. Intensitas tanam padi dari 100 persen menjadi 245 persen.

Komentar