Puluhan Tenaga Kesehatan Gagal Disuntik Vaksin Covid-19

Senin, 18 Januari 2021 09:02

ILUSTRASI. Tenaga kesehatan di RSUD Sanjiwani divaksin Covid-19 kemarin. (Istimewa)

FAJAR.CO.ID, CIMAHI – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cimahi mencatat, sudah sekitar 400 tenaga kesehatan di Kota Cimahi yang sudah disuntikan vaksin Corona Virus Disease (Covid-19) produksi Sinovac.

Jumlah itu terdata dari dua hari pelaksanaan vaksin, yakni 14-15 Januari 2021 di fasilitas kesehatan yang sudah disiapkan Dinkes Kota Cimahi.

“Pelaksanaan vaksinasi untuk tenaga kesehatan sampai hari kedua sudah 400,” terang Kepala Dinkes Kota Cimahi, drg. Pratiwi saat dihubungi, Minggu (17/1).

Sementara dari yang sudah terdaftar, tercatat ada 65 tenaga kesehatan yang gagal disuntikan vaksin pada gelombang pertama ini. Penyebabnya, ada yang komorbid atau memiliki penyakit bawaan maupun gagal regitrasi.

“Yang tidak jadi divaksin 65. Kebanyakan komorbid jadi mereka batal vaksin,” ungkap Pratiwi seperti dikutip dari Jabar Ekspres (Fajar Indonesia Network Grup) .

Kota Cimahi sendiri mendapatkan jatah 3.880 dosis vaksin untuk dua kali penyuntikan terhadap 1.940 tenaga kesehatan. Masih banyak tenaga kesehatan yang belum disuntikan vaksin ini.

Tenaga kesehatan yang mendapat jatah vaksin ini melalui sistem yang berlaku se-Indonesia, sehingga menurut Pratiwi lumayan memperlambat dalam proses registrasi. Pihaknya berencana akan mengalihaknnya secara manual.

“Registrasi ulang tidak mudah, nakes harus bolak-balik. Kalau by system ini agak lambat, target selesai manual bisa secepatnya. Kalah target selesai (vaksinasi) sebetulnya seminggu,” sebutnya.

Komentar


VIDEO TERKINI