3 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan

Selasa, 19 Januari 2021 14:10

Ilustrasi minyak zaitun. Foto: Pixabay

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Minyak zaitun extra-virgin dikenal memberikan berbagai macam manfaat bagi tubuh Anda, salah satunya untuk jantung.

Berikut ini beberapa manfaat minyak zaitun untuk jantung, seperti dilansir laman Genpi.co.

  1. Minyak zaitun mengandung lemak sehat yang baik untuk kesehatan tubuh

Salah satu jenis lemaknya yaitu lemak tak jenuh, yang bisa membantu tubuh dalam mengurangi kadar kolesterol jahat dan kadar kolesterol total dalam tubuh.

Selain itu, minyak ini mampu mempertahankan kadar kolesterol baik yang mampu membantu tubuh dalam menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.

  1. Minyak zaitun mengandung senyawa fenolik

Ada senyawa fenolik yang disebut dengan polifenol, yang bisa melindungi organ jantung dalam tubuh. Kandungan polifenol dalam minyak zaitun bisa menurunkan risiko penyakit jantung dengan cara menurunkan tekanan darah dan kolesterol.

Kemudian mengurangi pembekuan darah, serta melindungi lapisan pembuluh darah arteri.

  1. Ada kandungan asam lemak tak jenuh tunggal

Selain itu, asam lemak tak jenuh tunggal juga menyediakan nutrisi baik yang bisa membantu perkembangan dan mengontrol sel-sel dalam tubuh. Asam lemak ini juga bisa membantu memperbaiki fungsi pembuluh darah.

Minyak yang mengandung asam lemak tak jenuh tunggal ini juga mengandung vitamin E. Yaitu vitamin yang mengandung antioksidan, sehingga bisa membantu melindungi kesehatan jantung seseorang.

Minyak zaitun memang bisa memberikan sejumlah manfaat baik bagi tubuh. Namun, kadar konsumsi hariannya juga perlu diperhatikan.

Komentar