Amran Sulaiman Dinilai Layak Wakili Indonesia Timur di Pilpres 2024

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Pedihnya hidup di masa lalu telah mengajarkannya menjadi petarung, tidak pantang menyerah, serta menggapai impian dengan doa dan action. Prinsip hidupnya adalah menebar kebaikan sebanyak-banyaknya terhadap sesama.

“Boleh terlahir miskin, tapi jangan mati miskin,” kira-kira ungkapan motivasi inilah yang selalu diungkapkan Andi Amran Sulaiman dalam berbagai kesempatan.

Menteri Pertanian periode 2014-2019 itu kini digadang-gadang sebagai tokoh nasional yang berpotensi kuat dalam kontestasi politik Indonesia ke depan.

Bahkan Amran Sulaiman yang juga merupakan seorang pengusaha sukses (CEO Tiran Group) itu merupakan satu-satunya tokoh politik asal Indonesia Timur yang masuk dalam daftar Survei Tokoh Alternatif Nasional, yang dirilis belum lama ini.

Dr Sawedi Muhammad, Sosiolog Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar menyatakan sejumlah faktor yang dapat dijadikan referensi mengenai sosok Andi Amran Sulaiman (AAS) berkaitan dengan kiprahnya di panggung politik nasional.

Pertama, AAS matang di dunia bisnis. Usaha yang dirintisnya dari nol telah menjelma menjadi konglomerasi yang layak disandingkan dengan pengusaha nasional kelas kakap.

“Meski ia bukan dari latar belakang keluarga pengusaha, rintisan bisnisnya dalam hitungan singkat mampu melejit dan berhasil menjadi perusahaan yang diperhitungkan di level nasional bahkan internasional,” kata Dr Sawedi kepada fajar.co.id, Selasa (19/1/2021).

Ia mengatakan, tidak banyak generasi dari Timur yang menyamai tangan dingin AAS dalam berbisnis. Dari perspektif bisnis AAS adalah seorang jenius.

  • Bagikan