Enam Hari Berlalu, Total 41 Kali Gempa Guncang Majene dan Mamuju

Selasa, 19 Januari 2021 13:57

BMKG

FAJAR.CO.ID, MAMUJU — Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat sudah 41 kali gempa mengguncang Majene dan Mamuju sejak getaran pertama, Kamis (14/1/2021) hingga hari ini, Selasa Pukul 05.00 WITA.

Hal itu disampaikan Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami, Daryono melalui akun Twitter pribadinya @DaryonoBMKG, Selasa (19/1/2021)

“Hasil monitoring BMKG thd aktivitas gempa Majene dan Mamuju hingga hari ke-6 Selasa 19 Jan 2021 pukul 05.00 WITA menunjukkan telah tjd sebanyak 32 kali gempa susulan. Total aktivitas gempa sejak terjadi sejak gempa pembuka berjumlah 41 kali dgn aktivitas gempa dirasakan 5 kali,” tulis Daryono.

Menurutnya, gempa susulan berpotensi masih akan terjadi kedepan seperti lazimnya jika terjadi gempa. Meski diprediksi getaran kecil, masyarakat tetap harus waspada.

“Melihat produktivitas gempa susulan yg rendah di Majene-Mamuju, kita berharap ini sbg pertanda baik meski kita tetap waspada. Semoga kondisi minim gempa susulan ini terus berlangsung dan tidak tjd gempa kuat lagi, hingga selanjutnya kondisi tektonik di kembali stabil dan normal,” tambah Daryono.

Meskipun gempa Majene dan Mamuju miskin susulan, ia berharap gempa dengan 6,2 magnitudo Jumat lalu menjadi gempa utama dan tidak akan muncul gempa kuat lagi.

“Gempa Majene dan Mamuju mrpkn jenis Gempa Tipe 2. Gempa jenis ini dicirikan dgn adanya serangkaian aktivitas gempa pembuka (foreshocks) yg mendahului sblm terjadinya gempa utama (mainshock) dgn kekuatannya paling besar, selanjutnya diikuti serangkaian gempa susulan (aftershocks),” pungkasnya. (ikbal/fajar)

Bagikan berita ini:
6
4
5
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar