Flight Data Recorder Sriwijaya SJ-182 Berhasil Diunduh, KNKT Beberkan Ini

Selasa, 19 Januari 2021 20:47

Panglima TNI Hadi Tjahjanto, Menhub Budi Karya Sumardi, Kepala Basarnas Marsdya TNI Bagus Puruhito, Ketua KNKT Soerjanto Tjahjono saat pengumuman penemuan kotak hitam Sriwijaya Air SJ 182 di Jakarta, Selasa (12/1/2021). Foto: ANTARA/Aji Cakti

FAJAR.CO.ID — Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) berhasil mengunduh data pada Flight Data Recorder (FDR) pesawat Sriwijaya Air SJ-182 pada Senin (18/1/2021). Total data dalam FDR berisi 18 penerbangan, termasuk penerbangan terakhir dengan rute Jakarta-Pontianak yang mengalami kecelakaan.

“Kami sudah mengunduh data flight data recorder (FDR) dan kami sampaikan bahwa data dari FDR sudah bisa kami dapatkan, sudah berhasil diunduh, dengan total 370 parameter, 27 jam atau 18 penerbangan, termasuk penerbangan yang mengalami kecelakaan,” kata Ketua Sub Komite Investigasi Kecelakaan Penerbangan KNKT, Captain Nurcahyo Utomo dalam keterangannya, Selasa (19/1).

Nurcahyo mengungkapkan, pihaknya belum bisa mempublikasikan data dari FDR tersebut. Menurutnya, data yang berada di dalam FDR akan memberikan petunjuk dugaan kecelakaan pesawat Sriwijaya Air SJ-182 yang jatuh di perairan Kepulauan Seribu pada Sabtu (9/1).

“Kami juga masih sangat mengharapkan dapat ditemukannya cockpit voice recorder (CVR) untuk mendukung data-data yang sudah kami peroleh dari FDR,” ungkap Nurcahyo.

Bagikan berita ini:
4
6
3
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar