Flight Data Recorder Sriwijaya SJ-182 Berhasil Diunduh, KNKT Beberkan Ini

Selasa, 19 Januari 2021 20:47
Flight Data Recorder Sriwijaya SJ-182 Berhasil Diunduh, KNKT Beberkan Ini

Panglima TNI Hadi Tjahjanto, Menhub Budi Karya Sumardi, Kepala Basarnas Marsdya TNI Bagus Puruhito, Ketua KNKT Soerjanto Tjahjono saat pengumuman penemuan kotak hitam Sriwijaya Air SJ 182 di Jakarta, Selasa (12/1/2021). Foto: ANTARA/Aji Cakti

Nurcahyo mengharapkan, dalam 30 hari ke depan bisa memberitahu ke publik mengenai isi dari FDR. Hal ini untuk mengetahui penyebab jatuhnya pesawat Sriwijaya Air.

“Kami berharap bahwa dalam 30 hari setelah kecelakaan, kami akan mempublikasikan laporan awal atau preliminary report dan apabila nanti preliminary report akan dipublikasikan, kami akan menyampaikan kepada masyarakat luas,” ujar Nurcahyo.

Dalam mengungkap kecelakaan pesawat Sriwijaya Air SJ-182, sambung Nurcahyo, pihaknya dibantu oleh tim dari Amerika Serikat (AS) dan Singapura. Investigator dari AS sendiri berjumlah 11 orang.

“Minggu kemarin telah hadir bersama KNKT untuk berpartisipasi dalam investigasi tim dari Amerika, terdiri dari empat dari NTSB (Dewan Keselamatan Transportasi Nasional), empat dari Boeing, dua dari FEE, dan satu dari General Electric sebagai pabrik pembuat mesin, jadi total dari Amerika ada 11 orang,” ucap Nurcahyo.

Keterlibatan tim dari AS, sejalan dengan aturan internasional yang mengatur mengenai keselamatan transportasi. Hal ini sesuai dengan ketentuan dari ICAO (Organisasi Penerbangan Sipil Internasional) Annexes 13.

Bagikan berita ini:
2
3
7
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar