Isu 16,7 Juta Penerima Bansos Fiktif, BKH: Bu Risma, Ini Bisa Jadi Skandal Besar!

Selasa, 19 Januari 2021 21:47

Bu Risma dan BKH

FAJAR.CO.ID, JAKARTA– Anggota DPR RI, Benny Kabur Harman (BKH) menyoroti isu tentang adanya 16,7 juta penerima bantuan sosial fiktif.

Dia meminta Menteri Sosial Tri Rismaharini atau Bu Risma segera menjelaskan ke publik soal polemik tersebut.

“Mensos Ibu Risma yth. Mohon jelaskan terbuka informasi beredar luas tentang 16,7 juta penerima Bansos fiktif, tidak ada NIK,” kata politisi Partai Demokrat itu dikutip fajar.co.id di akun Twitternya, Selasa (19/1/2021).

Anggota Komisi III DPR itu menyebutkan jika masalah ini tak diselesaikan dengan baik akan menimbulkan skandal kedua di Kemensos.

Sebelumnya, pendahulu Bu Risma, mantan Mensos Juliari P Batubara telah lebih diciduk KPK setelah melakukan dugaan korupsi dana Bansos Covid-19.

“Kalo tidak, ini bakal menjadi skandal besar yang meledak awal tahun. Ingat, protes menurunkan pemimpin antara lain karena pusaran korupsi sekitar istana.Liberte!,” sebutnya.

Sebelumnya, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah mendesak Kementerian Sosial memperbaiki Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang menjadi basis data penerima bantuan sosial atau bansos.

“KPK menemukan 16,7 juta orang tidak ada NIK tapi ada di DTKS yang isinya ada 97 juta individu tapi 16 juta itu tidak yakin ada atau tidak orangnya karena jadi kami sampaikan dari dulu hapus saja 16 juta individu itu,” kata Deputi Pencegahan KPK Pahala Nainggolan di gedung KPK Jakarta, Senin (11/1/2021).

SPONSORSHIP

Komentar


VIDEO TERKINI