Kenali Jenis-Jenis Pendidikan Tinggi Di Indonesia

Selasa, 19 Januari 2021 17:59

Ilustrasi perguruan tinggi

Tak hanya sekolah, pendidikan tinggi di Indonesia pun ada dalam beberapa jenis. Masing-masing institusi pun memiliki kriteria dan sistem pendidikannya tersendiri. Sebelum menentukannya, kamu perlu memahami dulu tujuan dalam mempelajari studi tersebut. Dengan begitu, proses pemilihan pendidikan tinggi pun akan semakin mudah.

Agar tak salah pilih, ayo ketahui jenis-jenis pendidikan tinggi di Indonesia berikut ini.

  1. Universitas

Institusi pertama ini menjadi yang paling dikenal di kalangan masyarakat. Selain dapat ditemukan di hampir setiap daerah, universitas juga menyediakan jurusan dan fakultas dalam bidang ilmu yang beragam. Pembeda universitas dengan institusi lainnya adalah program pendidikan tinggi yang disediakan, yaitu akademik, vokasi, serta profesi.

Masing-masing program akan menghasilkan lulusan dengan gelar dan kemampuan yang berbeda-beda. Program akademik akan menghasilkan lulusan Sarjana (S1), Magister (S2), dan Doktor (S3). Sedangkan, melalui Vokasi terdapat program D1 – D4. Terakhir, dalam program profesi kamu bisa memperoleh gelar pada keahlian tertentu seperti Dr. atau Psi..

  1. Institut

Jika pada universitas terdapat berbagai bidang ilmu, di institut kamu hanya akan menemukan jurusan dalam bidang ilmu yang sama. Sebagai contoh, pada institut teknologi terdapat beberapa jurusan di bidang teknologi. Sebaliknya, pada institut kesenian ada banyak jurusan di bidang kesenian.

Meski begitu, institut juga menawarkan pendidikan dalam berbagai program seperti akademik, vokasi, maupun profesi.

Komentar