Menko Airlangga Hartarto Ternyata Pernah Terpapar Covid-19, Begini Respons Istana

Selasa, 19 Januari 2021 17:31

Menko Airlangga saat melakukan donor plasma di Kantor PMI. (IST)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA- Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto sempat positif Covid-19. Namun dirinya tidak mengumumkan ke publik. Pihak Istana mengatakan tak tahu menahu terkait hal tesebut.

“Kami tidak tahu juga kalau positif. Kalau saya dan jajaran Setpres tidak tahu, tidak ada pemberitahuan resmi,” ujar Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono, Selasa (19/1/2021).

Heru mengatakan, harusnya Airlangga sendiri yang menyampaikan ke publik bahwa dirinya terpapar Covid-19.

“Harus yang bersangkutan yang menyampaikannya sendiri bahwa seseorang yang terpapar kena Covid harus dari yang bersangkutan. Harus dari Kemenko jubirnya yang harus sampaikan ke publik,” ujarnya.

Heru mengatakan, jika ada Menteri yang terpapar Covid-19, Istana tidak punya wewenang untuk menyampaikan ke publik.

“Jika ada menteri yang terkena Covid bukan menjadi tugas Istana untuk umumkan,” kata dia.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto diketahui pernah terpapar Covid-19 setelah melakukan donasi plasma konvalesen di Markas Palang Merah Indonesia (PMI), Jakarta, Senin (18/1) kemarin.

Sebagaimana diketahui, plasma konvalesen umumnya diambil dari orang yang pernah menderita atau penyintas Covid-19 sebagai donor.

Plasma tersebut nantinya digunakan untuk terapi penyembuhan mereka yang positif Covid-19, dengan harapan penyintas Covid-19 yang menjadi donor itu sudah membentuk antibodi. (dal/fin)

Bagikan berita ini:
3
7
1
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar