Potensi Bencana Alam, Gubernur Sulsel Imbau Masyarakat Meningkatkan Kewaspadaan

Selasa, 19 Januari 2021 14:01

Gubernur Sulsel, Prof HM Nurdin Abdullah mengirim bantuan sembako pasca gempa bumi magnitudo (M) 6,2 mrngguncang Majene...

FAJAR.CO.ID,MAKASSAR– Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah mengimbau kepada seluruh masyarakat khususnya pengendara agar meningkatkan kewaspadaan. Mengingat potensi bencana alam seperti longsor dan pohon tumbang bisa terjadi.

Hal itu juga diperkuat dengan tingginya intensitas hujan di Sulsel mulai dari ringan hingga berat. Bahkan tidak sedikit, beberapa wilayah di Sulsel mendapat peringatan dini dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

“Kita antisipasi semua bencana, misalnya longsor ini susah diprediksi karena teorinya apabila hujan deras terus beban lahan dengan massa air yang lebih besar, pasti ada pergeseran tanah itulah longsor,” kata Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah kepada awak media.

Tidak hanya longsor dan pohon tumbang yang harus diantisipasi, Nurdin menyebut banjir juga harus dilakukan penanganan yang sama.

“Kita punya pengalaman 2019, cekdam bili bili tentu ditau bahwa cekdam multipurpose tapi setelah kita cek dari hulu sampai ke hulu ternyata senpoket dan penambangan masih terus terjadi. Yah tentu ini mempercepat pendangkalan cekdam bili bili,” bebernya.

Bisa dibayangkan, lanjut Nurdin, apabila cekdam bili bili terus mengalami pendangkalan maka kapasitas air akan semakin kecil.

“Dan mudah mudahan tahun ini segera dilelang rencana bendungan Jenelata karena Jenelata salah satu sumber banjir, kalau Jenelata selesai saya rasa Gowa dan Makassar bisa terlindungi,” tutupnya. (Anti/fajar)

Bagikan berita ini:
4
7
1
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar