Sejak Juni, Dissos Baru Terima 72 Berkas Klaim Santunan Covid-19 Rp15 Juta

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Dinas Sosial (Dissos) Makassar baru menerima 72 permohonan berkas untuk klaim santunan bagi korban meninggal akibat Covid-19.

Kepala Seksi Kesejahteraan Sosial Disso) Makassar, Laheru mengatakan, data tersebut diambil sejak pelayanan ini dibuka Juni 2020 lalu.

Padahal dari data update terakhir Satgas Covid-19 Makassar, tercatat sudah 425 orang yang meninggal dengan status positif.

“Sejak bulan Juni lalu sampai sekarang itu sudah sebanyak 72 orangg yang sudah kumpul berkasnya. Kalau yang sudah meninggal (Covid-19) sudah banyak, tapi yang kami terima berkasnya di sini baru sebanyak 72 orang,” ujarnya saat ditemui, Selasa (19/1/2021)

Ia menjelaskan, ada beberapa syarat yang diperlukan untuk mengajukan permohonan santunan.

“Pertama tentu dia harus punya KK (Kartu Keluarga), KTP (Kartu Tanda Penduduk) Makassar atau sesuai domisili masing-masing, selanjutnya dia harus mengurus dokumen ahli waris di kantor kelurahan,”tuturnya.

“Kemudian dilengkapi dengan foto dokumentasi disaat pelayanan jenazah, atau foto prosesi pekuburan atau pun kremasi jenazah, karena pelayanannya pasti beda dengan pelayanan jenazah biasa, tanpa Covid. Sehingga ada bukti bahwa memang keluarganya itu meninggal covid,” lanjutnya.

Selanjutnya pemohon harus menyertakan surat kematian dari rumah sakit, dengan keterangan yang bersangkutan memang meninggal dengan status positif Covid-19.

“Jadi dokter yang tandatangan surat bahwa ia Covid. Kemudian ada hasil keterangan swab dari rumah sakit bahwa dia covid, setelah itu dikumpul di dinas sosial,” terangnya.

  • Bagikan