Sudah 136 Bencana di Awal 2021, 6 Bencana Besar Terjadi Berurutan

Selasa, 19 Januari 2021 14:35

Kantor Gubernur Sulawesi Barat ambruk diguncang gempa. Foto IST

Tercatat 25 titik pengungsian di Kabupaten Majene tersebar di Desa Kota Tinggi, Desa Lombong, Desa Kayu Angin, Desa Petabean.

Lalu Desa Deking, Desa Mekata, Desa Kabiraan, Desa Lakkading, Desa Lembang serta Desa Limbua yang masih dalam proses pendataan.

Sedangkan di Kabupaten Mamuju terdapat lima titik pengungsian di Kecamatan Mamuju dan Kecamatan Simboro yang masih dalam proses pendataan.

  1. Banjir dan Tanah Longsor Manado

Sabtu (16/1) sekitar pukul 15.09 Wita, Manado, Sulawesi Utara, dilanda banjir sampai dengan ketinggian setengah hingga tiga meter dan tanah longsor.

Pusat Pengendali Operasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana per Senin (18/1) pukul 09.30 WIB mencatat, 6 orang dilaporkan meninggal dunia.

BNPB juga mencatat sebanyak 500 jiwa mengungsi yang sebagian sudah pulang ke rumah masing-masing.

Selain itu, kerugian materil akibat bencana tersebut antara lain dua unit rumah rusak berat dan 10 unit rumah rusak sedang dan masih dilakukan pendataan lagi.

Harin ini, BPBD Provinsi Sulawesi Utara dan BPBD Kota Manado sendiri melakukan pembersihan material pascabanjir dan tanah longsor.

Banjir dan tanah longsor di Manado itu tercatat membuat sembilan kecamatan terdampak,.

Di antaranya, Kecamatan Tikala, Kecamatan Paal Dua, Kecamatan Malalayang, Kecamatan Sario, Kecamatan Bunaken, Kecamatan Tuminting, Kecamatan Mapanget, Kecamatan Singkil dan Kecamatan Wenang.

Komentar


VIDEO TERKINI