Airlangga Hartanto Pernah Covid-19 tapi Tak Diumumkan, Jubir Bilang Ini

Rabu, 20 Januari 2021 10:42

Airlangga Hartarto menjadi salah satu pendonor plasma konvalesen di Gedung PMI, Jakarta, Senin (18/1/2021). Foto net/poj...

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto akhirnya diketahui pernah terpapar Covid-19.

Namun, saat itu, Airlangga sama sekali tidak mengumumkan dirinya positif Covid-19.

Hal itu terungkap setelah Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional itu mendonorkan plasma konvalesen, pada Senin (18/1) kemarin.

Airlangga menyatakan, dirinya terpapar Covid-19 pada 2020 dan sudah menerapkan pemeriksaan, pelacakan dan perawatan (3T).

Juru Bicara Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Alia Karenina menjelaskan, penerapan 3T dilakukan optimal saat Airlangga positif Covid-19.

“Sebagai bentuk rasa syukur karena sudah diberikan berkah kesehatan, sembuh dari Covid-19, maka beliau mendonorkan plasma konvalesen untuk membantu percepatan tingkat kesembuhan pasien Covid-19 lain,” ujarnya dilansir Antara.

Alia menyatakan, Menko Airlangga memiliki harapan semakin banyak penyintas COVID-19 yang mendonorkan plasma pada masa yang akan datang.

Sebelumnya, epidemiologi Univeristas Indonesia (UI) Pandu Riono bereaksi keras atas sikap Airlangga Hartarto yang menyembunyikan dirinya pernah positif Covid-19.

Apalagi, selain sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga juga merupakan Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN).

Pandu Riono pun menganggap bahwa langkah Airlangga Hartarto itu sebagai preseden buruk karena tidak jujur positif Covid-19.

“Ya saya menyesali itu dilakukan oleh Ketua Penanganan Covid-19. Kalau Airlangga saja tidak bisa memberikan contoh yang baik, ya gimana yang lainnya,” ujar Pandu kepada JawaPos.com, Selasa (19/1/2021).

Komentar


VIDEO TERKINI