Belum Jabat Kapolri, Listyo Sigit Sudah Diultimatum PBHI Sulsel

Rabu, 20 Januari 2021 21:47

Komjen Pol Listyo Sigit saat uji kelayakan calon Kapolri, di Ruang Rapat Komisi III DPR.Foto: Dok. Setjen DPR RI

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Pergeseran kursi Kapolri bakal diduduki oleh Komjen Pol Listyo Sigit. Jenderal bintang tiga ini akan menggantikan Jenderal Idham Azis, yang sebentar lagi akan pensiun.

Jelang beberapa hari sebelum ia mengemban amanah sebagai orang nomor satu di institusi Polri, Komjen Listyo sudah mendapat ultimatum.

Ultimatum itu datangnya dari Perhimpunan Bantuan Hukum Indonesia (PBHI) Sulsel. Jelang pergantian jabatan Kapolri ini, mereka menuntut dua kasus yang mandek di Polda Sulsel diusut langsung oleh Mabes Polri.

Di antaranya kasus penembakan terhadap seorang pedagang coto, Dahlan Daeng Liwang, 52 tahun di Jalan Yompo Daeng Naba, Sungguminasa pada Desember 2019 lalu.

“Harapannya kami selaku kuasa kukum keluarga korban, semoga Kapolri yang baru dapat lebih memberi atensi dan melakukan pembenahan internal Polri,” kata Kuasa Hukum keluarga korban, Syamsumarlin, Rabu (20/1/2021).

“Agar anggotanya dapat lebih profesional dalam melakukan penyelidikan untuk menemukan fakta-fakta. Khususnya dalam kasus penembakan yang menewaskan almarhum Dahlan Daeng Liwang,” sambung dia kepada Fajar.co.id.

Hasil pemeriksaan di Rumah Sakit Bhayangkara, sebuah proyektil peluru bersarang di tubuh korban. Selain itu, ditemukan selongsong peluru di lokasi penembakan. Berselang setahun lamanya, kasus ini tak kunjung terungkap. Pelaku pun masih berkeliaran.

Kasus kedua, terkait penganiayaan terhadap salah satu dosen Universitas Muslim Makassar (UMI), Andri Mamonto, 28 tahun yang juga tak kunjung terungkap.

Komentar