Dinding, Lantai, dan Isi Rumah Adat Mamuju Rusak Diguncang Gempa 6,2 Magnitudo

Rabu, 20 Januari 2021 20:32

Rumah adat Mamuju tampak berantakan usai diguncang gempang.

FAJAR.CO.ID, MAMUJU — Rumah adat Mamuju, Kabupaten Mamuju ikut menjadi korban gempa yang berkekuatan 6,2 magnitudo pada Jumat, (15/1/2021) lalu.

Rumah bersejarah bagi masyarakat di Bumi Manakarra ini nyaris rubuh usai diguncang gempa. Namun dinding, lantai, dan seisi rumah tersebut hancur berantakan.

Salah satu rumah yang mengalami kerusakan parah yakni Rumah Joa (pengawal). Pantauan di lokasi, bangunan berbahan dasar kayu itu nyaris rata dengan tanah.

Dinding sebelah kanan dan kirinya sudah hancur berantakan. Sementara di lantai di bagian belakang ambruk. Akibatnya, barang yang berada di dalam rumah itu juga mengalami kerusakan.

Bangunan tembok dalam rumah itu juga roboh. Beruntung atap rumah itu tidak mengalami kerusakan apapun.

Sementara rumah adat lain yang berada di sampingnya tidak mengalami kerusakan berat. Salah satu pengunjung yang berada di Rumah Adat Mamuju, Hanafi, mengaku perihatin atas kejadian itu

Selain rumah warga yang rusak dan hancur, rumah adat pun tak luput dari kemurkaan alam itu dan merusak ikon bersejarah Kabupaten Mamuju.

“Dinding, lantai, dan seisi rumah ini hancur berantakan. Tembok-tembok pun hancur bersamaan dengan lantai rumah adat berbahan kayu itu,” katanya.

Selain itu, masyarakat yang hendak mendekati rumah tersebut, diimbau untuk berhati-hati untuk mencegah agar rumah tersebut tidak bertambah rusak.

Komentar