Jika Dipercaya Kapolri, Ini 8 Komitmen Komjen Listyo Sigit Prabowo

Rabu, 20 Januari 2021 14:27

Calon Kapolri Komjen Listyo Sigit Prabowo saat memaparkan visi dan misi serta arah kebijakan Polri saat uji kelayakan dan kepatutan di hadapan pimpinan dan anggota Komisi III DPR RI, Rabu (20/1/2021). Foto: tangkapan layar Youtube

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Komjen Listyo Sigit Prabowo kurang lebih 1 jam menyampaikan pemaparan ihwal strategi dan kebijakannya bila dipercaya dan diberikan amanat menjadi Kapolri, saat uji kepatutan dan kelayakan di Komisi III DPR, Rabu (20/1).

Pada akhir pemaparan, Sigit pun menyampaikan delapan komitmennya bila dipercaya menjadi Kapolri. “Izinkan saya menyampaikan delapan komitmen apabila saya diberikan amanat menjadi Kapolri,” kata Sigit.

Adapun 8 komitmen Sigit ialah:

Pertama, menjadikan Polri sebagai institusi yang prediktif, responsibilitas dan transparansi berkeadilan (Presisi).

Kedua, menjamin keamanan untuk mendukung program pembangunan nasional.

Ketiga, menjaga soliditas internal.

Keempat, meningkatkan sinergitas dan soliditas TNI Polri, serta bekerja sama dengan aparat penegak hukum lain dan kementerian/lembaga untuk mendukung dan mengawal program pemerintah.

Kelima, mendukung terciptanya ekosistem inovasi dan kreativitas yang mendorong kemajuan Indonesia.

Keenam, menampilkan kepemimpinan yang melayani dan menjadi teladan.

Ketujuh, mengedepankan pencegahan permasalahan, pelaksanaan keadilan restoratif dan problem solving.

Kedelapan, setia kepada NKRI dan senantiasa merawat kebhinekaan.

Sebelumnya di tengah pemaparannya, Sigit menegaskan akan melanjutkan apa yang sudah dilakukan para Kapolri seperti Jenderal (Purn) Badrodin Haiti, Jenderal (Purn) Tito Karnavian, serta yang akan digantikannya, Jenderal Idham Azis.

“Kepemimpinan Kapolri di institusi Kepolisian Republik Indonesia 2021-2024 akan meneruskan dan mengembangkan kembali berbagai pencapaian kinerja dan kebijakan yang telah berjalan dalam kepemimpinan sebelumnya,” kata Sigit.

Komentar