Komjen Sigit Janji Tegakkan Keadilan Hukum, Tokoh NU: Ayo Pak, Proses Denny Siregar dan Ade Armando

Rabu, 20 Januari 2021 21:39

Listyo Sigit Prabowo

FAJAR.CO.ID — Calon Kapolri Komjen Pol Listyo Sigit berjanji menegakkan hukum yang humanis dan tidak tumpul ke atas dan tajam ke bawah. Terkait pernyataan itu, tokoh Nahdatul Ulama (NU), Umar Syadat Hasibuan, angkat bicara.

Pria yang disapa Gus Umar ini menilai, ada kasus-kasus hukum dari pihak-pihak pro pemerintah yang hingga saat ini tidak diproses. Dia mengungkit kasus hukum Denny Siregar yang dipolisikan warga Tasikmalaya dan Ade Armando terkait kasus dugaan penistaan agama.

Begitu juga kasus dugaan pelanggaran protokol kesehatan yang dilakukan oleh ulama Abuya Uci.

“Ayo pak saya mau lihat laporan Deni dan Ade Armando diproses? Dan kasus pelanggaran prokes Abuya Uci diproses juga,” tulis Gus Umar di twitter, Rabu (20/1/2021).

Sebelumnya, Komjen Pol Listyo Sigit menegaskan akan menegakkan hukum yang tegas namun humanis

“Kepemimpinan saya nanti jadi fokus utamanya mampu menghadirkan wajah Polri yang berikan masyarakat penegakan hukum yang berbasis keadilan, menghormati HAM dan mengawal demokrasi,” kata Listyo Sigit dalam uji kelayakan calon Kapolri, di Ruang Rapat Komisi III DPR, di Jakarta, Rabu (20/1/2021).

Dia mencontohkan kasus hukum yang pernah di alami oleh seorang nenek bernama Mina yang dihukum karena mengambil kakao untuk bisa bertahan hidup, namun dipenjarakan,

Menurut dia, Polri ke depan tidak perlu memaksakan suatu kasus diproses hukum secara tuntas hingga divonis hukum karena harus dilihat kasus-nya secara arif dan bijaksana.

Bagikan berita ini:
5
4
10
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar